Analisa Permasalahan

Dalam menjalankan tugas sebagai instansi pendidikan mengemban amanah Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian masyarakat mewajibkan dosen sebagai orang pertama yang menjalankan tugas tersebut, karena itulah sebagai sarana dan media tersebut dosen harus memberikan yang terbaik bagi pendidikan hal tersebut bisa diwujudkan dengan penulisan makalah atau artikel ilmiah atau yang biasa disebut jurnal ilmiah, peran hasil penelitian sangat membantu perkembangan ilmu pengetahuan namun, permasalahan muncul di AMIK Wahana Mandiri adalah dalam penyebaran dan penerbitan jurnal ilmiah yang telah dosen buat, AMIK Wahana Mandiri masih belum bisa menerbitkan jurnal ilmiah sendiri karena banyak hal atau syarat yang harus dipenuhi sebelum menerbitkan jurnal ilmiah sedangkan AMIK Wahana Mandiri masih belum bisa melengkapi syarat tersebut salah satu syarat terbitnya jurnal ilmiah adalah :

  1.  Memiliki Internasional Standard Serial Number (ISSN).
  2. Memiliki mitra bestari paling sedikit empat orang.
  3. Diterbitkan secara teratur dengan frekuensi paling sedikit dua kali dalam satu tahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan spesialisasi, dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun.
  4. Bertiras tiap kali penerbitan paling sedikit berjumlah 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan sistem jurnal elektronik (e-journal) dan majalah ilmiah yang menerapkan sistem daring (online) dengan persyaratan sama dengan persyaratan majalah ilmiah tercetak.
  5. Memuat artikel utama tiap kali penerbitan berjumlah paling sedikit lima, selain dapat ditambahkan dengan artikel komunikasi pendek yang dibatasi paling banyak tiga buah.

Sedangkan AMIK Wahana Mandiri masih belum sanggup memenuhi persyaratan penerbitan jurnal ilmiah sehingga hal tersebut mendorong dosen yang telah selesai membuat jurnal ilmiah harus mengirim ke kampus lain yang sudah siap untuk menerbitkan jurnal ilmiah. Masalah lainnya adalah yang menyebabkan AMIK Wahana Mandiri belum dapat menerbitkan jurnal ilmiah sendiri adalah masalah dalam biaya administrasi dan transportasi penerbitan, melihat biaya yang di butuhkan sangat besar untuk penerbitan jurnal ilmiah maka, AMIK Wahana Mandiri belum sanggup menerbitkan jurnal ilmiah sendiri kalaupun itu di sanggupkan oleh AMIK Wahana Mandiri permasalahan lagi adalah dosen AMIK Wahana Mandiri masih belum sebagian besarnya aktif membuat jurnal ilmiah sedangkan persyaratan penerbitan jurnal ilmiah diatas telah disebutkan bahwa penerbitan jurnal ilmiah dilakukan secara teratur dengan frekuensi minimal dua kali dalam satu tahun, kalau dosen tidak membuat jurnal secara rutin maka akan sangat mengganggu konsistensi penerbitan jurnal ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s