Metode Penelitian

Metode penelitian di artikan sebagai cara mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai, penelitian merupakan usaha untuk menemukan maupun mengembangkan terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah. Cara kerja tersebut dalam penelitian disebut metode penelitian. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penulisan ini adalah :

1. Studi Lapangan (Field Reasearch)

Metode Penelitian dengan studi lapangan ada beberapa bagian, diantaranya :

  • Wawancara (Interview) : Wawancara langsung kepada user dilakukan untuk mengetahui alur program yang diperlukan pada sistem informasi jurnal ilmiah. Dalam kegiatan ini diajukan pertanyaan lisan untuk melengkapi data-data yang diperlukan terkait dengan perancangan sistem.
  • Pengamatan Langsung (Observation) : Studi ini dilakukan untuk melihat dan mengamati langsung proses pembuatan jurnal ilmiah mengenai tatacara dan aturan terkait pembuatan jurnal ilmiah.
  • Daftar Pertanyaan (Questioner) : Beberapa pertanyaan juga dilakukan kepada user dalam rangka pengumpulan data bertujuan untuk mencari pemecahan masalah dari pembuatan sistem informasi jurnal ilmiah sampai pada publikasi atau penyebaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

2.  Studi Pustaka (Library Reasearch) : Penulis mencari dan mempelajari teori-teori yang ada kaitanya dengan jurnal ilmiah, baik itu dari buku, jurnal, ebook maupun peraturan yang telah dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan yang mengatur tentang peraturan dosen dengan angka kreditnya ataupun peraturan tentang penulisan karya tulis ilmiah termasuk jurnal ilmiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s