Pengertian MySQL

Menurut  (Dwiartara, 2010) MySQL adalah Database. Database sendiri merupakan suatu jalan untuk dapat menyimpan berbagai informasi dengan membaginya berdasarkan kategori-kategori tertentu, dimana informasi-informasi tersebut saling berkaitan, satu dengan yang lainnya. MySQL bersifat RDBMS (Relational Database Management System).

MySQL bukan termasuk bahasa pemrograman. MySQL bekerja mengunakan SQL Language (Structure Query Language), dapat diartikan MySQL merupakan standar penggunaan database didunia untuk pengelolaan data. Perintah yang paling sering digunakan dalam MySQL adalah SELECT (mengambil), INSERT (Menambah), UPDATE (Mengubah), dan DELETE (Menghapus). Selain itu, SQL juga menyediakan perintah untuk membuat database, field, ataupun index untuk menambah atau menghapus data, menurut Agus Saputro (2012), dikutip dalam (Utomo & Bakara, 2013).

RDBMS memungkinkan seorang admin dapat menyimpan banyak informasi ke dalam table-table, dimana table-table tersebut saling berkaitan satu sama lain. Keuntungan RDBMS sendiri adalah kita dapat memecah database kedalam table-table yang berbeda, setiap table memiliki informasi yang berkaitan dengan table yang lainnya. Mengapa Menggunakan MySQL :

  1. Gratis, MySQL bersifat open source, semua orang bebas menggunakannya tanpa harus membayar.
  2. Cross Platform MySQL dapat digunakan under windows, ataupun under linux.
  3. Lengkap dan Cepat Pasangan yang cocok dengan PHP. Wajar jika banyak hosting saat ini mendukung adanya PHP dan MySQL karena kecepatan, gratis, dan dapat di jalankan di sistem operasi manapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s